loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

10 MANFAAT MADU BAGI TUBUH

Madu adalah salah satu hasil alam yang dihasilkan oleh hewan lebah. madu sudah dikenal berratus-ratus tahun bahkan ribuan tahun sebelumnya. Banyak sekali manfaat yang bisa kita dapatkan dari lebah, untuk itu kami sudah merangkumnya dalam artikel berikut yang dirangkum dari berbagai sumber.



1. Madu untuk Melembutkan Kulit

Di urutan pertama, dari sekian banyak fungsi dan manfaat madu, adalah untuk melembutkan kulit. Mengapa? karena kandungan antioksidan, anti-jamur dan anti-mikrobanya dapat menyembuhkan luka, bintik-bintik merah dan melawan infeksi yang biasa terjadi pada kulit. Selain itu,  nutrisi yang ada di dalam madu seperti magnesium, potassium dan kalsium berkontribusi dalam regenerasi kulit yang mendorong sel untuk menciptakan kulit sehat dan indah.

2. Madu untuk Sumber energi

Pada masa lalu, para atlet Romawi dan Yunani kuno meminum madu sebelum dan sesudah bertanding sebagai obat untuk stamina dan pemulih energi. Selama berabad-abad madu memang dikenal sebagai bahan bakar para olahragawan ini karena madu mengandung gula yang cepat diserap oleh sistem pencernaan jadi madu adalah sumber energi instan. Hingga kini, dalam dunia olahraga madu diberikan sebelum pertandingan dan sebagai pengganti karbohidrat yang digunakan pada saat latihan.
 
3. Madu sebagai obat Jerawat

Jerawat adalah permasalahan yang selalu menjadi momok bagi para kaum muda, terutamanya wanita. Untuk menghilangkan jerawat dengan madu, anda dapat mengoleskan madu pada bagian yang berjerawat dan diamkan selama 15 menit lalu bilas. Kandungan anti bakterinya berkhasiat membunuh jerawat dan membersihkan noda. Untuk info lebih lanjut, silahkan baca artikel kami tentang 10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat.

4. Madu untuk Penyembuh luka

Bangsa mesir kuno adalah salah satu bangsa yang memulai dan memanfaatkan madu sebagai bahan alam untuk mengobati luka. Mereka membuat salep dari madu untuk mengobati luka bakar dan luka akibat tusukan benda tajam.
 
5. Madu Sebagai antibiotik

Madu sangat asam sehingga tidak cocok untuk pertumbuhan dan perkembangbiakan bakteri. Madu menghasilkan hidrogen peroksida yang merupakan anti septik luar biasa. Proses osmosis di dalam madu membasmi bakteri kekentalan madu yang sedikit mengandung air menghasilkan proses osmosis menyerap air dari bakteri pada luka dan luka bakar, tak ubahnya spons menyerap air. Madu mengeringkan luka sehingga bakteri sulit tumbuh.
 
6. Madu Se-efektif glukosa

Laboratorium Nutrisi di Universitas Mempish menyatakan bahwa madu seefektif glukosa pengganti karbohidrat selama pemanasan. Selain itu, sebuah jurnal kesehatan menyebutkan kadar glycemic index (GI ukuran untuk mengukur dampak negatif makanan dalam gula darah) yang rendah pada madu memperlambat penyerapan gula dalam darah sehingga lebih menyehatkan sistem pencernaan dan menjamin ketersediaan karbohidrat selama berolahraga.

7. Madu untuk Terapi

Saat ini, banyak sekali salon kecantikan yang menggunakan Madu sebagai salah satu bahan untuk terapi. Karena kandungan dalam madu yang sangat kaya akan mineral, maka madu merupakan bahan alam utama yang baik untuk terapi, terutama terapi kulit dan kecantikan.

 8. Madu untuk Mengobati Luka

Dilingkungan atau daerah kami, biasanya jika ada yang mengalami luka bakar atau jatuh dari motor, biasanya kami menggunakan madu untuk mengobati luka-luka tersebut agar tidak terkontaminasi dengan bakteri. Dan ternyata, di salah satu rumah sakit di Amerika (Win.) telah melakukan riset dengan menggunakan madu untuk mengobati borok penderita diabetes, dan ternyata berhasil.

9. Madu untuk Antioksidan

Di Selandia Baru, terapi madu berhasil menyembuhkan lecet pada punggung pasien yang terlalu lama terbaring di ranjang rumah sakit. Di Uni Emirat Arab, terapi madu untuk luka akibat herpes bibir dan alat kelamin mempercepat penyambuhan dan mengurangi rasa sakit. 

Uji coba pada tikus untuk mengkaji kemampuan madu meningkatkan penyerapan kalsium memberikan hasil memuaskan. Riset di Universitas Purdue itu menyimpulkan, konsumsi suplemen kalsium bersama madu mampu meningkatkan penyerapan kalsium oleh tubuh.

10. Madu untuk Awet muda

Mengapa Ibu Suri Kerajaan Inggris dan Ratu Elizabeth berumur panjang? Bisa diyakini, madu berperan besar dalam menjaga kesehatan sehingga membuat keduanya berumur panjang. Bagi keluarga Kerajaan inggris, sarapan madu adalah kebiasaan setiap hari mereka mengoleskan madu berkualitas tinggi pada roti. Hal ini mendukung rasa kaget penulis ketika berkunjung ke Belanda, Francis dan Spanyol. Penulis sangat terkejut dengan tuan rumah kami yang sudah 84 tahun namun tetap semangat mengayuh sepeda, bahkan lebih laju dari kami. Ternyata, dalam kehidupan sehari-hari, mereka banyak mengkomsi madu, salad, tomat dan bauh-buahan seperti buah apricot, arbessen dan apel.

Itulah 10 manfaat  dari madu yang bisa kami rangkum dan sajikan, semoga bermanfaat.

0 Response to "10 MANFAAT MADU BAGI TUBUH "

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas