loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

8 Makanan Pengendali dan Pengatur Berat Badan | Makanan Penurun Berat Badan


Memiliki berat badan di atas angka normal sangat meresahkan. Selain karena menurunkan kepercayaan diri, faktor obesitas atau kegemukan juga bisa menghambat prestasi kerja karena selain membuat malas bergerak, juga menghabiskan waktu untuk makan dan istirahat.

Bagi yang memiliki massa tubuh yang seimbang saat ini, anda tak perlu kwatir jika anda ingin mempertahankan berat badan. Seperti dilansir dari femina bahwa seorang ahli gizi dari Prima Diet Catering, dr. Peni Hedi P. MKM, mengatakan bahwa makan yang cukup pasti membuat Anda ‘puas’ lebih cepat dan kenyang lebih lama. Tapi, untuk itu Anda perlu memenuhi porsi harian yang disarankan (recommended daily allowance - RDA). Selain itu, ilmuwan Amerika Serikat (AS) menyebut, ada beberapa jenis makanan yang efektif membantu mengatasi kelebihan berat badan. Berikut adalah ulasan dari beberapa jenis makanan yang dapat mengatasi dan mengendalikan berat badan.
 
1. Buah Alpukat
 
Alpukat kaya akan vitamin dan mineral. Alpukan mengandung kalium, vitamin, asam amino, lemak tak jenuh dan serat yang baik bagi tubuh. Nah, lemak tak jenuh yang dikandung alpukat membantu mengurangi inflamasi sistemik yang menyebabkan kolesterol tinggi. Ia juga mencegah peningkatan kadar glukosa darah yang terjadi secara tiba-tiba.

2. Buah Jeruk Lemon, Limau dan Jeruk pada umumnya
 
Jeruk lemon, limau, dan jeruk menjadi makanan terbaik untuk membakar lemak. Mereka kaya akan flavonoids dan antioksidan yang tak hanya membantu meningkatkan sistem imun dan memerangi inflamasi, tapi juga efektif membakar lemak dan mengontrol berat badan.

3. Sayur Bayam

 
Sayur bayam mengandung glutathione, alpha lipoic acid, dan serat. Satu cangkir bayam hanya mengandung 41 kalori. Namun, semua kandungan tersebut membuatnya ampuh mengikat kolesterol jahat (LDL) dan membawanya ke luar tubuh.



4. Susu rendah lemak
 
Susu mengandung kalsium dan protein. Kalsium dan protein yang terkandung dalam makanan berbahan dasar susu (dairy food) rendah lemak ternyata bisa membantu menurunkan berat badan sekaligus menjaga massa otot. Kalsium akan membantu tubuh mengolah lemak lebih efisien dan meningkatkan tenaga. Susu yang tinggi kalsium dan rendah lemak mampu meningkatkan thermogenesis atau pembakar lemak dan metabolisme dalam tubuh. Sedangkan berkat kandungan proteinnya, minum susu juga memberi rasa kenyang lebih lama ketimbang minum jus. Karenanya, rasa lapar yang biasanya mudah datang akan tertahan dengan sendirinya oleh perasaan kenyang setelah mengkonsumsi susu.

5. Teh hijau (green tea)
 
Penelitian menunjukkan, mengonsumsi teh hijau dapat membantu memperlancar thermogenesis. Teh hijau kaya akan polifenol dan katekin yang bisa mengatasi kelebihan berat badan.

6. Yoghurt rendah kalori
 
Yoghurt mengandung protein dan kalsium. Manfaatnya sama seperti susu. Bagi Anda yang tubuhnya susah mencerna susu (intoleransi laktosa), yoghurt adalah jawabannya. Apalagi jika yoghurt tersebut diperkaya bakteri baik, sehingga kerja pencernaan menjadi lebih lancar. Tak heran waktu saya dan tim sedang berada di Belanda, Prancis dan Spanyol, Yoghurt adalah salah satu makanan yang wajib ada, bahkan dijadikan sebagai cemilan sehari-hari (paling enak dimakan sambil jalan-jalan loh menikmati udara dan pemandangan Eropa yang eksotis).

7. Minyak kelapa
 
Lemak memiliki manfaat dan diperlukan tubuh untuk mempertahankan berat badan. Lemak mampu memperkuat jantung dan sistem peredaran darah, tulang, organ, otak, sistem saraf pusat, dan sistem imun. Untuk mendapatkan lemak yang baik untuk kesehatan, dapat diperoleh dari minyak kelapa.

8. Daging Sapi














Daging sapi mengandung protein. Tak perlu takut makan daging sapi. Apalagi bila Anda memilih daging yang kandungan lemaknya rendah, seperti jenis tenderloin (has dalam) dan  topside (has luar). Studi klinik nutrisi di Amerika membuktikan, wanita yang memasukkan daging merah dalam menunya, bisa membakar kalori lebih banyak dibanding mereka yang makan dengan  kalori sama banyak, tapi tanpa daging merah. Rupanya, protein dalam daging dapat menjaga kebutuhan kalori di bagian massa otot tubuh. Kuncinya, pilih daging tanpa lemak.

Yeah, itulah beberapa jenis makanan dan minuman yang dapat anda gunakan sebagai makanan pengendali berat badan. namun harus diingat untuk mengkonsumsi jenis makanan dan minuman di atas sesuai dengan kebutuhan tubuh atau memenuhi porsi harian yang disarankan (recommended daily allowance - RDA) dan tidak berlebihan

2 Responses to "8 Makanan Pengendali dan Pengatur Berat Badan | Makanan Penurun Berat Badan"

  1. sangat bermanfaat .. kunjungi mas brooo http://cintakasihdunia.blogspot.com/

    ReplyDelete
  2. ok trims dah mampir di tunggu kun balik,y

    ReplyDelete

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas