loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Cerita Misteri Rakyat Jawa Timur - Misteri Tersembunyi Gunung Kelud

Jurirakyat.com - Gunung Kelud meletus dengan dasatnya bahkan abau vulkaniksnya sampai ke wilayah Bandung, nah dibalik meletusnya Gunung Kelud ternyata menyimpan banyak misteri,. misteri apa sajakah yang tersimpan digunung kelud berikut adalah beberapa misteri dibalik meletusnya gunung kelud

Gunung Kelud merupakan gunung berapi aktif yang terletak di daerah di Jawa Timur, tepatnya didaerah Kabupaten Kediri dan Blitar gunung yang memiliki ketinggian 1.731 mdp ini bisa diakses melalui Kabupaten Kediri. Gunung Kelud merupakan tempat wisata tersohor di Jawa Timur. dibalik keistimewaan tersebut ternyata gunung kelud di selimuti misteri terkait keberadaan puncak strato ini.

1. Legenda Gunung Kelud

Menurut legenda terbentuk dari penghianatan cinta Dewi kilisuci terhadap dua raja sakti yang bernama Mahesa Suro dan Lembu Suro kala itu Dewi Kilisuci anak puri Jengolo Manik yang terkenal akan kecantikannya dilamar oleh dua raja. namun yang melamar bukan dari bangsa manusia, karena yang satu berkepala lembu bernama Raja Lembu Suro dan yang satu berkepala Kerbau bernama Mahesa Suro.

Untuk menolak lamaran tersebut Dewi Kilisuci membuat sebuah sayembara yang tidak bisa dikerjakan oleh manusia biasa, yaitu membuat dua sumur di atas puncak Gunung Kelud, yaitu yang satu harus berbau amis dan yang satunya harus berbau wangi dan harus selesai dalam waktu satu malam atau sampai ayam berkokok, dengan kesaktian Mahesa Suro dan Lembu Suro, sayembara tersebut pun disanggupi, setelah bekerja semalaman dengan kesaktiannya keduanya pun memenang dalam sayembara itu. namun Dewi Kilisuci masih belum mau di persunting, kemudian Dewi Kilisuci masih ada satu permintaan lagi, yakni kedua Raja tersebut harus membukitikan dahulu kalu kedua sumur itu benar benar wangi dan amis yaitu dengan cara mereka berdua harus masuk kedalam sumur.

Terperdaya oleh rayuan tersebut ahirnya keduanya pun masuk kedalam sumur yang sanget dalam tersebut, begitu merka berdua sudah masuk didalam sumur, lalu Dewi Kilisuci memperintahkan kepada prajurit jenggala untuk menimbun keduanya dengan batu. maka matilah Mahesa Suro dan Lembu Suro, namun sebelum mati Lembu suro sempat mengucapkan sumpah, ya" orang Kediri besok akan mendapatkan balasanku yang sangat besar, Kediri akan Jadi sungai, Blitar akan jadi daratan dan Tulungagung akan jadi danau (semoga saja tidak terjadi) dari legenda ini ahirnya masarakat Gunung Kelud melakukan sesaji, acara ini digelar setahun sakali pada tanggal 23 bulan sura (muharam) oleh masarakat sugih waras.

2. Jalan Misteri


Di lokasi jalan misteri ini benda memiliki potensi berpindah tempat, terutama benda yang bundar bisa bergerak dengan sendirinya dari titik tertentu tanpa harus di berikan daya dorong (bener gak istilah fisikanya)

jika sobat jurirakyat.com meletakan botol mineral yang bulat pada garis putih dijalan misteri ini maka botol tersebut bergerak dengan cepat seolah-olah kelihatan naik termasuk kendaraan roda 4 dalam keadaan gigi netral, jika handel rem di lepaskan maka mobil akan bergerak dengan sendirinya meski mesin dimatikan.


3. Ritual Gunung Kelud


Sementara itu terkait dengan ritual sesaji yang digelar dilereng Gunung Kelud pada tahun 2007 silam tak kala ritual digelar sesepuh Mbah Ronggo, dalam ritualnya mendapati wangsit gaib yaitu pesan terjadinya pertanda besar, tentang Gunung Kelud yang terletak 40 km dari Kota Kediri Jawa Timur yang memiliki keunikan dipuncaknya, yaitu dengan bentuk strato dengan danau kawah besar di tengahnya, walaupun danau tersebut kini berubah bentuk menjadi kubah lava, wangsit tersebut mengatakan le, seng ati-ati arep lewat Danyang Gunung Kelud, tutur Mbah Ronggo, mengenai pesan gaib jika Gunung Kelud akan meletus.

Nah demikian lah ringkasan Misteri Tersembunyi Gunung Kelud yang mukin bisa menambah wawasan bagi sobat jurirakyat.com, semoga bermanfaat.