loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Cerita rakyat Jawa Timur - ANDE-ANDE LUMUT

Di Kerajaan Kediri hiduplah putra raja bernama Pangeran Kusumayuda. Suatu hari ia bertemu dengan Klenthing Kuning, putri Kerajaan Jenggala, yang di angkat menjadi bungsu dari empat bersaudara oleh seorang janda dari desa. Pangeran Kusumayuda jatuh hati dan yakin bahwa ia akan menjadi permaisurinya kelak. Namun sayang, keduanya tak pernah lagi bertemu.

Suatu hari, Ande-Ande lumut mengadakan sayembara untuk mencari calon istri. Saudara Klenthing Kuning sangat antusias mengikuti sayembara tersebut. Sedangkan Klenthing Kuning sama sekali tidak berminat. Ia terus saja teringat pada Pangeran Kamayuda. Namun, atas nasehat bangau sakti yang menolongnya, ia pun mengikuti sayembara itu.
Untuk sampai ke tempat Ande-Ande Lumut, Klenthing Kuning dan ketiga saudaranya harus menyeberangi sungai yang sangat dalam dan luas. Tiba-tiba muncul kepiting raksasa bernama Yuyu Kangkang. Ia menawarkan jasa menyeberangkan mereka dengan syarat ia mendapat imbalan ciuman dari mereka. Ketiga saudara Klenthing Kuning karena terburu-buru ingin sampai ke tempat Ande-Ande Lumut, maka mereka langsung menyetujuinya. Hanya Klenthing Kuning yang diam tidak menyanggupinya.

Setelah sampai di seberang sungai, Yuyu Kangkang menagih janji. Maka ketiga saudara Klething Kuning mencium Yuyu Kangkang. Karena Klenthing Kuning tak mau menciumnya, Yuyu Kangkang marah dan hendak memangsa Klenthing Kuning. Secepat kilat, Klenthing Kuning lari.

Karena hanya Klenthing Kuning yang tidak mencium Yuyu Kangkang, maka Ande-Ande Lumut memilihnya. Terkejutlah mereka berdua karena ternyata Ande-Ande Lumut adalah Pangeran Kusumayuda yang ia cintai. Pangeran Kusumayuda pun sangat bahagia karena ia bertemu lagi dengan gadis yang ia yakini akan menjadi permaisurinya.

0 Response to "Cerita rakyat Jawa Timur - ANDE-ANDE LUMUT"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas