loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

10 Cara Jitu Menghilangkan Nyeri Punggung

Nyeri dan sakit punggung merupakan salah satu penyakit yang paling sering menyerang siapa saja utamanya pada usia tua. Nyeri punggung disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah keroposnya tulang dan yang paling umum karena kecapean. Nyeri punggung tidak boleh di anggap remeh, oleh karena itu tips di bawah semoga dapat membantu anda untuk mengatasinya.

Berikut Cara Alami Mengobati Nyeri Punggung.

1. Tidur Lebih Baik Untuk Meringankan Sakit Punggung
Saat sakit punggung menyerang anda, solusi utama adalah dengan tidur dengan posisi yang baik. Bila Anda memiliki sakit punggung, maka tidur akan menjadi sulit. Hal ini bisa menjadi lingkaran setan karena ketika Anda tidak mendapatkan tidur yang cukup, maka sakit punggung Anda mungkin bisa memburuk. Posisi tidur yang buruk juga dapat memperburuk nyeri punggung. Cobalah tidur dengan posisi miring. Tempatkan bantal di antara lutut Anda untuk menjaga tulang belakang Anda dalam posisi netral dan mengurangi tekanan pada punggung Anda. Jika Anda perlu tidur telentang, maka letakkan bantal di bawah lutut Anda. Pastikan untuk tidur di kasur yang kuat dan nyaman.


2. Sakit Punggung dan Postur Tubuh
Hindari untuk tidur dengan posisi yang kurang baik seperti bungkuk. Nasihat orang tua benar., bungkuk adalah sikap tubuh yang buruk bagi Anda. Dan sikap tubuh yang buruk dapat membuat sakit punggung bertambah parah, terutama jika Anda duduk untuk waktu yang lama. Jangan merosot mendekati keyboard Anda, namun duduk tegak, dengan bahu rileks dan tubuh Anda didukung punggung kursi. Coba untuk menempatkan bantal atau gulungan handuk di antara punggung bawah dan kursi Anda serta jaga kaki Anda tetap rata di lantai.

3. Pereda Sakit Punggung dengan Resep Dokter
Selain cara alami yang dilakukan beberapa obat dokter juga akan sangat berguna. Namun obat dokter yang dianjurkan adalah obat yang tepat. Beberapa orang mungkin perlu obat golongan nonsteroidal anti-inflammatory drugs (NSAID) yang lebih kuat atau obat opioid, yang tentunya perlu resep dokter, agar membantu meredakan rasa sakitnya. Sangat penting untuk konsultasi dulu dengan dokter atau apoteker Anda jika Anda sedang mengkonsumsi obat lain, termasuk obat-obatan yang dijual bebas, untuk menghindari kelebihan dosis bahan aktif tertentu. Dokter Anda mungkin juga meresepkan pelemas otot untuk membantu meringankan kejang otot yang menyakitkan.

4. Temui Terapis Fisik
Terapis fisik dapat mengajarkan cara duduk, berdiri, dan bergerak yang membuat tulang belakang Anda dalam keadaan selaras dan mengurangi ketegangan pada punggung Anda. Mereka juga bisa mengajarkan latihan khusus yang dapat memperkuat otot-otot inti yang mendukung punggung Anda. Studi menunjukkan bahwa jika Anda meningkatkan kekuatan, fleksibilitas, dan daya tahan otot, maka nyeri punggung akan berkurang, namun tentunya membutuhkan waktu.

5. Jangan Istirahatkan Punggung yang Nyeri
Saat punggung sedang nyeri-nyerinya maka hindari untuk mengistirahatkannya dengan segera. Dulu dokter sering meresepkan istirahat di tempat tidur bagi penderita sakit punggung. Tapi sekarang kita mengetahui bahwa berbaring merupakan salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan ketika sakit punggung. Hal ini dapat membuat nyeri punggung bertambah parah dan menyebabkan komplikasi lain. Jangan beristirahat lebih dari satu atau dua hari. Sangat penting untuk bangun dan perlahan-lahan mulai bergerak lagi. Olahraga menjadi salah satu cara paling efektif untuk meredakan sakit punggung dengan cepat. Cobalah untuk berenang, berjalan, atau yoga.

6. Terapkan Dingin dan Panas untuk Meringankan Sakit Punggung
Menggunakan es dan juga air panas adalah solusi klasik yang masih bisa membantu. Penerapan es ke daerah yang menyakitkan di punggung Anda dapat membantu mengurangi rasa sakit dan peradangan akibat cedera. Coba lakukan ini beberapa kali sehari selama 20 menit untuk setiap kalinya. Setelah beberapa hari, beralih ke panas. Terapkan bantal pemanas atau pak hangat untuk membantu mengendurkan otot Anda dan meningkatkan darah yang mengalir ke daerah nyeri. Anda juga dapat mencoba mandi air hangat untuk membantu relaksasi. Untuk menghindari luka bakar dan kerusakan jaringan, jangan pernah tidur dengan bantal pemanas.

7. Terapi Pijat untuk Sakit Punggung
Terapi pijat untuk punggung memanglah bisa di tempuh. Sebuah penelitian terbaru menemukan bahwa pijat mingguan selama periode 10 minggu, dapat mengurangi sakit dan meningkatkan fungsional penderita sakit punggung kronis. Manfaatnya berlangsung sekitar enam bulan, tetapi akan berkurang setelah satu tahun. Pendekatan langsung lain adalah manipulasi tulang belakang, yang dilakukan oleh spesialis berlisensi. Pengobatan ini termasuk latihan-latihan yang berbeda untuk menyesuaikan tulang belakang dan mengembalikan mobilitas yang hilang.

8. Stimulasi Saraf untuk Sakit Punggung
Beberapa solusi yang masih berada dalam penelitian adalah stimulasi saraf. Penelitian sedang dilakukan pada pengobatan tertentu yang merangsang saraf untuk mengurangi sakit punggung kronis. Dokter Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambah akupunktur ke dalam rencana perawatan Anda jika perawatan yang lebih konservatif kurang membantu Anda mengurangi rasa sakitnya. Metode lain yang mungkin disarankan dokter yaitu transcutaneous electrical nerve stimulation (TENS), dimana pulsa listrik ringan yang dikirimkan ke saraf untuk menghalangi sinyal rasa sakit yang masuk.

9. Menemui Psikolog untuk Sakit Punggung
Sakit dan nyeri punggung tidak hanya berhubungan dengan penyakit fisik. Namun kadang berhubungan dengan fikiran. Hal ini mungkin terlihat aneh, menemui psikolog untuk masalah sakit punggung. Tetapi studi menunjukkan, bahwa terapi perilaku kognitif sangat efektif, baik jangka pendek dan panjang, untuk membantu sakit punggung kronis. Sebagai contoh, CBT dapat menargetkan bagaimana penderita sakit punggung berpikir mengenai aktivitas fisik dan mengapa mereka mungkin menghindari hal tersebut, untuk kemudian membantu mengubah cara respon mereka untuk menjadi aktif. Banyak penderita yang melakukan CBT, melaporkan penurunan yang signifikan dalam rasa sakit dan ketidakmampuan bergerak.

10. Sakit Punggung dan Biofeedback
Cara ini mungkin sangat asing di telinga anda. Biofeedback menggunakan mesin khusus yang membantu melatih otak Anda untuk mengontrol respon terhadap rasa sakit. Anda belajar untuk mengendalikan pernapasan, denyut jantung, aliran darah, dan ketegangan otot. Beberapa studi menemukan bahwa hal ini lebih baik daripada obat dalam meredakan sakit punggung, mengurangi intensitas nyeri sekitar 30%. Bagian terbaik dari hal ini yaitu tidak memiliki efek samping.