loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

TIPS SEHAT - TERNYATA TIDUR MEMAKE BRA BISA MEMICU KANGKER PAYUDARA

Banyak mitos seputar memakai bra saat tidur pada wanita, ada yang mengatakan memakai bra saat tidur akan memicu kanker payudara ada juga mitos lain yang menyebutkan membuat payudara kendur atau tidak kencang lagi. Mitos-mitor atau rumor tersebut membuat wanita enggan dan takut mengenakan bra pada saat tertidur. Tapi sejauh ini belum ada bukti tentang bahaya memakai bra saat tidur.
Dikutip dari health.kompas.com (Rabu, 24/9/2014), rumor tentang munculnya kanker payudara pada penggunaan bra berawal dari pendapat yang tertuang dalam buku Dressed to Kill tahun 1955. Dalam buku tersebut dituliskan memakai bra yang cukup ketat akan menyebabkan kanker karena pembuluh limfatik yang ada di payudara akan menjebak racun dalam tubuh. Namun hingga kini tidak ada ilmu pengetahuan yang mendukung pendapat tersebut.
Amber Guth seorang Director of the Breast Cancer Surgery Multidisciplinary Fellowship di NYU Langone Medical Center menyebutkan tidak ada bukti terkait pengunaan bra saat tidur dapat berbahaya bagi kesehatan.
Lu Chen, MPH, yang juga seorang peneliti di Public Health Sciences Division di Fred Hutchinson Cancer Research Center mengatakan, tidak ada masalah yang berarti mau bra tersebut digunakan berapa lama oleh seorang wanita. “Tidak masalah berapa banyak jam per hari perempuan mengenakan bra, baik bra berkawat sekalipun. Atau pada umur berapa mereka pertama kali mulai memakai bra,” jelas Lu Chen.
Dalam Huffpost Style dilaporkan kebanyakan wanita dengan payudara besar memilih untuk menggunakan bra pada saat tidur untuk menyangga payudara merek. Sementara dalam Nemours’ Teen Health dituliskan jika ingin menggunakan bra pada saat tidur pilihlah bra yang nyaman dipakai dan tanpa kawat. Bra yang terlalu ketat bisa menyebabkan sulit tidur atau mudah terjadi iritasi