loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Bonsai Termahal Di Dunia

 
Bonsai termahal di dunia - Meski ukurannya kecil tetapi bonsai ini harganya sangat mahal. Bukan hanya puluhan juta rupiah, tetapi mencapai Rp1 miliar. Dapat dibayangkan bila Rp1 miliar dibelikan kepada pohon untuk bahan bangunan. Hasilnya tentu mencapai ribuan kubik.

Bonsai Rp1 miliar ini bisa dilihat dalam pameran bonsai di halaman GOR Sukapura Dadaha Tasikmalaya. Ada 3 bonsai yang dipajang dengan harga masing-masing Rp1 miliar.

Bonsai ini berjenis kayu pusu, load dan mustam. Ukuran tinggi masing-masing sekitar 50 centimeter. Sepintas bonsai ini tidak menunjukkan harga selingit, nampak biasa-biasa saja. Tetapi bagi para pecinta bonsai, pohon kerdil ini memiliki nilai tersendiri.

Usron, panitia pameran mengatakan, salah satu kriteria yang membuat sebuah bonsai mahal memiliki keseimbangan. Secara visual, bonsai harus seimbang antara daun, tangkai, dahan dan juga akar. Bonsai yang bagus, menunjukkan miniature pohon besar di alam bebas. Bedanya, di alam bebas pohon tinggi besar, jika di bonsai pohon harus kecil.

“Bonsai yang bagus itu harus mirip pohon besar di alam bebas. Jadi bonsai yang bagus tidak sekedar kecil. Bahkan ada juga bonsai taman, itu tidak termasuk bonsai bagus,” kata Usron.

Terkait keidahan sebuah bonsai katanya, itu juga sangat relative. Bisa jadi di satu komunitas sebuah bonsai bernilai tinggi, tetapi tidak di komunitas lain. Sebab, keidanhan sifatnya subjektif tergantung siapa yang memandang. “Malah bisa jadi, dalam sebuah lomba harga bonsai Rp50.000 mengalahkan bonsai Rp1 miliar. Itu karena menyangkut keidanhan sifatnya relative,” katanya. Bagi para pemula yang suka merawat bonsai katanya, harus diperhatikan beberap hal. Antara lain, keindahan kasat mata pohonnya rindang juga tampilannya segar. Belilah bonsai proses atau bonsai bakalan sehingga bisa dirawat dan dibentuk sesuai keinginan yang merawat. “Kalau pemula ada yang berminat ngurus bonsai, yang penting terlihat indah saja baik pada daun atau pohoan.