loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Dokter Cabut 232 Gigi dari Mulut Remaja India


Dokter Cabut 232 Gigi dari Mulut Remaja India - Tim dokter di India mencabut 232 gigi dari mulut seorang seorang remaja India berusia 17 tahun. Dalam operasi berdurasi panjang, yang berlangsung 7 jam.

Ashik Gavai, nama remaja itu, dilarikan ke rumah sakit karena pembengkakan di rahang kanannya. Demikian ujar Dr Sunanda Dhiware, kepala klinik gigi JJ Hospital, Mumbai kepada BBC.

Pasien mengaku menderita rasa sakit tak terperi di bagian mulut dan gigi selama 18 bulan. Anak desa itu dibawa ke rumah sakit di kota besar, setelah dokter setempat gagal untuk mengidentifikasi penyebab masalah.

Para dokter di Mumbai yang memeriksanya menyebut, Ashik mengalami kondisi yang 'amat jarang' dan bahkan 'memecahkan rekor'.

"Perasaan sakit yang dialami Ashik didiagnosis sebagai complex composite odontoma di mana satu gusi membentuk sekian banyak gigi. Ini semacam tumor jinak," kata  Dr Dhiware, seperti kutip dari BBC, Kamis (24/7/2014).

"Awalnya kami tak bisa mencabutnya, jadi kami harus menggunakan semacam pahat dan palu dasar untuk mengambilnya."

Dr Dhiware menerangkan, setelah bagian gusi berhasil dibuka, gigi-gigi kecil mirip mutiara memperlihatkan diri satu demi satu. Namun kami mulai lelah menghitungnya, kami hitung ada 232," kata Bu Dokter.

Operasi pencabutan gigi dilakukan Senin lalu, melibatkan 2 ahli bedah gigi dan mulut serta 2 asisten. Setelahnya, Ashik kini hanya punya 28 gigi yang bentuknya normal.

Dr Dhiware menambahkan, selama 30 tahun karirnya menjadi dokter gigi, ia tak pernah menyaksikan hal seperti itu. Ia mengaku senbang menemukan kasus yang menarik.

"Menurut literatur medis yang tersedia, kondisi tersebut diketahui terjadi pada rahang atas dan maksimal 37 gigi diangkat di masa lalu. Namun, pada kasus Ashik, tumor ditemukan jauh di rahang bawah dan memiliki ratusan gigi. "

Ayah Ashik, Suresh Gavai kepada Mumbai Mirror mengatakan bahwa putranya mengeluh sakit beberapa bulan lalu. "Aku khawatir, mungkin itu bisa berubah jadi kanker, jadi aku bawa dia ke Mumbai," kata dia.

0 Response to "Dokter Cabut 232 Gigi dari Mulut Remaja India"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas