loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

8 Cara Dongkrak Kekebalan Tubuh

8 Cara Dongkrak Kekebalan Tubuh - Setiap orang di sekitar Anda kemungkinan pernah mengingatkan Anda aturan sederhana agar Anda selalu merasa sehat: makan dengan cerdas, istirahat yang cukup, temukan kedamaian batin, dan sebagainya. Nasehat-nasehat tersebut menjadi usang begitu cepat, kecuali kita benar-benar menggali dalam dan paham mengenai tips-tips untuk menjaga kesehatan. Dalam beberapa tahun terakhir, ilmuwan telah mengungkap detail mencengangkan mengenai bagaimana sistem tubuh kita merespon pathogen pada level sel. 



Jika Anda meningkatkan kekebalan tubuh Anda sekarang, Anda akan bisa mengalahkan virus penjajah tubuh Anda dengan mudah. Nah, berikut adalah delapan cara ampuh untuk mendongkrak kekebalan tubuh yang patut Anda coba:

1) Istirahat cukup 

Antara kerja, keluarga dan teman-teman, memang susah untuk memadatkan semuakegiatanhingga muat dalam 24 jam. Sayangnya, tidur bukanlah hal yang bisa Anda kompromikan agar bisa melakukan aktivitas-aktivitas tersebut. Penelitian bahkan menunjukkan bahwa kekurangan tidur sedikit saja bisa menyebabkan efek buruk pada tubuh. Respon autoimun Anda berperan dalam segala sistem utama seperti pencernaan, kardiovaskuler, serta syaraf pusat. Untuk menjaganya tetap seimbang, Anda harus tidur setidaknya tujuh hingga sembilan jam setiap malam.

2) Olahraga hingga berkeringat 

Anda mungkin berpikir bahwa otot-otot Anda membenci ketika Anda paksa melakukan jogging di pagi hari. Namun yang pasti, kekebalan tubuh Anda membutuhkan kebiasaan ini. Melakukan setidaknya 30 hingga 40 menit aerobik setiap hari membantu memperkuat sel-sel pelawan virus dan respon antibodi.

3) Manjakan tubuh dengan pijat rileksasi. 

Sebagian dari kita menganggap bahwa sebuah sesi profesional oleh terapis atau tukang pijat adalah entah sebuahkemewahan atau hanya sesuatu yang perlu dilakukan saat tubuh benar-benar merasa tidak nyaman. Faktanya, studi menunjukkan bahwa pijat rutin memiliki manfaat kesehatan yang menjanjikan. Bahkan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di The Journal of Alternative and Complementary Medicine, pijat Swedia selama 45 menit saja bisa meningkatkan level antibodi pada wanita sehat.

4) Jadwalkan pertemuan dengan teman-teman Anda

Ingat orang-orang yang dulu sering makan siang atau nongkrong bersama Anda? Mereka yang kini memenuhi news feed Facebook dan timeline Twitter Anda? Kini saatnya untuk kembali berkumpul dengan mereka di dunia nyata. Orang-orang yang memiliki dukungan jaringan sosial (dunia nyata) luas cenderung hidup lebih lama dibanding mereka yang lebih penyendiri. Sebuah studi pada Ohio State University bisa memberikan kita petunjuk mengapa: Mereka yang memiliki skor rasa kesepian paling rendah memiliki lebih sedikit bakteri dan sel virus di tubuh mereka dibandingkan teman-teman mereka yang lain disebabkan tingginya sel NK .

5) Tertawalah terbahak-bahak. 

Nyalakan YouTube untuk melihat video-video lucu atau bercandalah bersama teman-teman Anda. Tertawa bisa menyebabkan peningkatan jumlah dan fungsionalitas sel-sel NK, sel T lain dan juga antibodi.

6) Bernapas dalam-dalam

Bernapas adalah aktivitas yang kita lakukan tanpa sadar sehingga kebanyakan dari kita tidak akan menganggapnya sebagai sebuah proses yang harus diatur dengan benar. Namun para ilmuwan dari University of Wisconsin, Madison, menemukan bahwa orang-orang yang melakukan latihan delapan minggu dalam meditasi dan belajar memperhatikan pola napas mereka menghasilkan antibodi yang secara signifikan lebih banyak saat merespon vaksin flu dibandingkan sebuah grup kontrol. Jika Anda ingin melakukannya cobalah selama 20 menit tiap harinya untuk duduk tenang dan berkonsentrasi pada siklus tarik dan buang napas. Ulangi proses ini tiap kali Anda merasa stress.

7) Kurangi Konsumsi Gula 

Tentu, Anda tidak harus secara keseluruhan menolak makanan-makanan manis. Namun merupakan sebuah ide bagus untuk memangkas konsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak gula atau sukrosa. Senyawa tersebut bisa mengurangi keefektifan sel-sel darah putih Anda, membuat lebih sulit bagi tubuh Anda untuk melawan sel-sel yang menyerang tubuh Anda. Sebagai gantinya, Anda bisa mengkonsumsi jus buah atau madu.

8) Minum lebih banyak teh. 

Bahkan jika Anda adalah seorang penggila kopi, pertimbangkan untuk menyesap beberapa cangkir teh hitam, hijau, atau oolong juga. Penelitian menemukan bahwa L-theanine, sebuah senyawa yang ditemukan pada tiga jenis teh itu, bisa membantu tubuh memerangi bakteri. Selain itu, teh juga mengandung asam amino, antioksidan, serta fenol yang bisa menghambat pertumbuhan bakteri. Untuk mendapatkan hasil optimal, minumlah teh tanpa gula dansusu.

Nah, itulah delapan cara untuk mendongkrak kekebalan tubuh Anda. Menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh tentunya sangat diperlukan agar tidak mudah sakit, apalagi di tengah-tengah musim hujan yang rawan penyebaran virus.



0 Response to "8 Cara Dongkrak Kekebalan Tubuh"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas