loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Jaringan 5G Siap Hiasi Teknologi Nirkabel di Tahun 2020

Jaringan 5G Siap Hiasi Teknologi Nirkabel di Tahun 2020 - Pada tahun 2020 teknologi nirkabel 5G diperkirakan akan hadir dalam rangka meningkatkan standar komunikasi nirkabel di dunia. Dalam acara MWC 2015 beberapa waktu lalu Perusahaan Huawei, Alcatel-Lucent dan Nokia mengutarakan teknologi 5G harus siap di tahun 2020. 


Dengan hadirnya teknologi 5G akan sangat berpengaruh terhadap terciptanya era Internet of Things (IoT) yang sebenarnya, dan itu artinya semua akan terhubung baik antar manusia, perangkat dan terwujudnya rumah pintar (smart home). Dengan adanya standar teknologi 5G ini, maka pengguna internet di penjuru dunia akan merasakan cepatnya berkoneksi satu sama lain dengan internet tanpa adanya banyak kendala.

Teknologi 5G adalah teknologi komunikasi nirkabel masa depan untuk yang dikenal dengan nama generasi ke-5. Teknologi ini merupakan penerus dari standar telekomunikasi seluler sebelumnya yakni teknologi 4G / IMT-Advanced. Ada beberapa persyaratan yang harus terpenuhi jaringan 5G menurut Next Generation Mobile Networks Alliance (NGMN) yaitu: 

  • Kecepatan data harus mendukung untuk puluhan ribu user, baik itu kecepatan untuk Downlink dan Uplink. Setidaknya, setiap pengguna (user) mampu mendapatkan kecepatan puluhan Mega byte per sekon (Mbps). 
  • Dalam satu lantai kantor kerja yang sama, setidaknya harus menawarkan minimal 1 Gbps secara bersamaan untuk puluhan pekerja. 
  • Dapat mengatasi hingga 100.000 koneksi simultan (berkesinambungan), walaupun terintegrasi oleh sensor-sensor besar sekalipun. 
  • Harus ada peningkatan Efisiensi spektrum secara signifikan jika dibandingkan dengan 4G, begitu juga cakupan dan efisiensi sinyal harus ditingkatkan 
  • NGMN berpendapat bahwa teknologi 5G harus diluncurkan pada tahun 2020. Hali itu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bisnis dan tuntutan dari konsumen yang semakin meningkat.

Perkembangan teknologi nirkabel sebenarnya sudah menjadi tren yang sudah ada sejak tahun 1981 dan terus dilanjutkan dari tahun ke tahun, di mana generasi ponsel-ponsel baru telah muncul kira-kira setiap dekade.

Sehingga teknologi 5G standar adalah hal yang mungkin terjadi sebagai penerus dari generasi sebelumnya, dan yang pastinya akan mempunyai kekuatan yang lebih besar dari teknologi 4G LTE-Advanced. $600 M telah diinvestasikan Perusahaan Huawei untuk proyek 5G yang berkerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar lainnya untuk mewujudkan teknologi ini. 

Perusahaan lain seperti Nokia, Alcatel-Lucent, National Instrument dan Ericsson juga telah menyuarakan ini di ajang MWC 2015 dan tentunya mereka tidak sekedar hanya menyuarakan, namun saat ini sedang mengerjakan proyek jaringan masa depan ini, terutama 2 perusahaan yaitu Huawei dan Alcatel-lucent.


0 Response to "Jaringan 5G Siap Hiasi Teknologi Nirkabel di Tahun 2020"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas