loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Sejarah Terbentuknya Kota Satelit Jakarta, Tangerang

Sejarah Terbentuknya Kota Satelit Jakarta, Tangerang - Kota Tangerang merupakan salah satu kota yang ada di provinsi Banten tepatnya di sebelah Barat Kota Jakarta. Kota ini merupakan kota terbesar dengan banyak penduduk yang ada di Banten dan termasuk kedalam kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Tangerang, dan depok). 


Tangerang merupakan kota dengan beberapa kecamatan dan dijadikan sebagai kota pusat manufaktur dan industry. Banyak perusahaan- perusahaan luar negeri atau internasional yang mendirikan usaha atau pabriknya di wilayah Tangerang tersebut. Namun, sayang karena banyaknya industri yang didirikan membuat kota Tangerang memiliki cuaca yang cenderung panas.


Sejarah munculnya kota Tangerang konon bermula dari kebijakan Sultan Banten untuk membuat negeri besar di suatu wilayah dekat dengan sungai Untung Jawa yang merupakan asal-usul berdirinya kota Tangerang. 

Sultan Banten tersebut memindahkan 5.000 hingga 6.000 penduduk untuk mendiami wilayah tersebut. Setelah wilayah baru terbentuk, Sultan Banten mengutus Raden Sena Pati dan Kyai Demang untuk memimpin kekuasaan di daerah baru tersebut. Namun, karena Sultan Banten merasa takut bila wilayah barunya tersebut direbut oleh kedua patihnya maka ia memutuskan untuk memecat dan menggantikan Pangeran Adipati sebagai pimpinannya.

Saat Belanda datang ke Indonesia, mereka juga berhasil merebut wilayah baru yang dibuat oleh Kerajaan Banten yang diberi nama sebagai Tangerang. Wilayah Tangerang tersebut kemudian dijadikan sebagai benteng pertahanan Belanda dari para pasukan yang hendak mengambil wilayah Tangerang kembali.

Seiring berjalannnya waktu, pada oktober 1945 terdapat sebuah organisasi Laskar Hitam yang merupakan milisi muslim. Tujuan awal dari dibentuknya organisasi tersebut adalah untuk mendirikan agama islam di Indonesia khusunya di wilayah Tangerang yang saat itu banyak ditempati oleh kaum etnis Tionghoa. 

Saat kemerdekaan Indonesia dideklarasikan, terdapat pula organisasi pemuda yang mendukung pergerakan Laskar Hitam dan juga bertujuan untuk mengambil kembali alih wilayah Tangerang yang saat itu mereka menganggap bahwa kaum Tionghoa mendukung VOC (Belanda) dalam menduduki wilayah Indonesia. Merekapun mengusir kaum Belanda dan berhasil merebut kembali wilayah Tangerang tersebut. 

Hingga saat ini wilayah Tangerang terus dikembangkan terutama sebagai salah satu pusat Industri karena berperan juga sebagai pembangunan negara. Bahkan saat itu setelah kemerdekaan Indonesia pemerintah langsung berinisiatif untuk membangun sebuah Bandara Internasional yaitu Bandara Soekarno-Hatta yang hingga kini kokoh berdiri dan menjadi salah satu jalur penerbangan terbesar yang ada di Indonesia.


0 Response to "Sejarah Terbentuknya Kota Satelit Jakarta, Tangerang"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas