loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Pengertian dan Fungsi Bios Pada Komputer

Pengertian dan Fungsi Bios Pada Komputer - Di dalam komputer tentu saja terdiri dari komponen atau bagian yang saling mendukung sekaligus saling bekerja sama antara satu dengan yang lainnya. 

Dengan demikian komputer memiliki kemampuan untuk dijalankan dengan baik oleh setiap penggunanya. Berikut pembahasan lebih lengkap mengenai fungsi dan pengertian dari BIOS dalam komputer yang dapat Anda pahami lebih lanjut.



Mengenal BIOS secara singkat

BIOS adalah perangkat lunak atau software yang berfungsi mengatur kinerja dasar perangkat keras atau hardware layaknya mengatur, menguji dan masih banyak lagi.

BIOS pada kenyataannya berada di dalam motherboard serta ditanamkan pada memori ROM maupun CMOS. CMOS sendiri memiliki baterai guna menyimpan beragam pengaturan, misalnya saja waktu dan tanggal serta sejumlah pengaturan penting yang lainnya.

Sudah pasti setiap motherboard sudah memiliki BIOS. Akan tetapi ketika BIOS mengalami kerusakan di dalam hal ini kemungkinan besar motherboard yang bersangkutan juga akan ikut mengalami kerusakan.

BIOS bahkan pada dasarnya berfungsi membantu load dari sistem operasi. Dengan kata lain, ketika tidak ada BIOS, tentunya sistem operasi juga akan gagal di load.


Pada saat Anda mulai menyalakan sebuah komputer, hal pertama kali yang berjalan bukan sistem operasi layaknya Linu, Windows atau Mac OS, melainkan BIOS. Setelah BIOS sudah mulai berjalan, lantas segera menjalankan proses dalam memeriksa perangkat keras.

Ketika semua perangkat memang sudah mampu untuk berfungsi dan berjalan dengan baik, selanjutnya baru komputer sudah benar-benar siap di dalam menjalankan sistem operasinya.

Lantas apa sebenarnya fungsi utama dari BIOS?

Fungsi BIOS

Fungsi utama dari BIOS sendiri adalah untuk memberikan instruksi yang biasa Anda kenal dengan istilah “Power on Self Test (POST)” yaitu perintah untuk melakukan identifikasi setiap perangkat. Mulai dari CPU, Kartu VGA, RAM, Keyboard hingga Mouse beserta perangkat lainnya pada saat komputer sudah memulai proses booting.

Sedangkan BIOS ini sebenarnya untuk pertama kali digunakan dalam komputer yaitu pada tahun 1981 oleh IBM PC. Untuk sekarang ini jenis BIOS yang cukup banyak digunakan terbagi menjadi 3 yaitu, AMI BIOS, Phoenix BIOS dan AWARD BIOS.


0 Response to "Pengertian dan Fungsi Bios Pada Komputer"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas