loading...
Mau Punya Penghasilan 250ribu/Minggu Klik DISINI

Fakta Unik Tentang Unta

Fakta unik tentang unta yakni hewen istimewa yang berasal dari Negara Arab Saudi. Unta dijadikan hewan yang isimewa dikarenakan hewan tersebut mampu bertahan di tengah kerasnya kondisi alam disekitarnya, yang mampu bertahan ditenag panasnya gurun pasir pada saat siang dan dinginya angin gurun pasir apada saat malam. 

Tidak hanya itu, unta juga mampu bertahan hidup berhari-hari tanpa makan dan minum. Serta mampu mengangkat beben berat hingga ratusan kilogram selama berhari-hari.



Bebrapa keunikan yang ada pada unta salah satunya berada pada punuknya. Punuk unta tebilang lebih besar daripada punuk sapi atau kerbau dan sejenisnya. 

Karena punuk itulah unta dapat bertahan hinga tiga minggu tanpa air. Punuk unta merupakan gundukan lemak yang menyimpan sari sari makanan bagi dirinya secara berkala. Pada masa tersebut berat badan unta akan berkurang 33%, sedangkan manusua pada kondisi serupa akan kehilangan 8% berat badannya dan akan meninggal dalam jangka waktu 36 jam karena kehilangan seluruh cairan dari tubuhnya. 

Selain punuk untuk menyimpan makanan unta juga memiliki bulu yang tebal. Bulu tersebut berfungsi untuk menyekat panas sinar matahari yang akan menyengat kulitnya, sehingga unta bisa bertahan jika suhu sangat panas dan ketika malam hari bisa mnejadi hangat dengan bulunya.

 Selain itu bulu yang sangat tebal gankusut tersebut juga mampu mengurangi hilangan cairan yang ada pada tubuhnya. Dengan cara menaikkan suhunya hingga 41 c. unta dapat memperlambat penguapan air dal tubuhnya.

Unta juga merupakan hewan yang mampu mengatur penggunaan air dengan baik. Dalam waktu kurang dalam 10 menit unta mampu mengkonsumsi air hingga 30 liter,yang berarti sekita sepertiga dari berat badannya. 

Unta juga dapat menyerap kelembapab yang ada di udara sekitar 66%. Dikarenakan unta memilik selaput lender hidung yang leih besar dari pad yang dimilik manusia dan melengkung.

Unta dapat bertahan dari badai pasir karena unta memiliki dua lapis bulu mata yna saling berkaitan seperti perangkap. 

Dan melindungi matanya dari pasir yang diterbangkan oleh badai, selain itu unta juga memiliki kemampuan untuk menutup lubang hidungnya dan menghindari pasir yang akan masuk pada hidung. Itulah tadi sedikit info fakta keunikan tntang unta.



0 Response to "Fakta Unik Tentang Unta"

Post a Comment

Tulis Tanggapan Anda Tentang Postingan Diatas